Salah satu tempat yang paling berkesan bagi saya adalah di Cikidang-Lembang. Itu adalah tempat di mana saya melakukan program KKM (Kuliah Kerjanyata Mahasiswa) bersama ketiga belas mahasiswa lainnya. Di sana tempatnya sangat indah sekaligus menegangkan. Bagaimana tidak, di beberapa tempat kemiringan yang harus ditempuh sekitar 40 derajat dengan jarak yang cukup jauh pula, kan lumayan tah.. Terhampar cukup luas perkebunan dan persawahan. Dialiri sungai yang cukup bersih dan beberapa rumah masih mempertahankan gaya tradisionalnya. Benar-benar memanjakan mata.
Di sana warganya juga ramah tamah, walaupun kalau dilihat sekilas, wajah mereka cukup menakutkan, tapi sebenarnya mereka warga yang baik, tidak sombong, dan suka menabung. Benar-benar membantu kesuksesannya kegiatan-kegiatan yang kami (mahasiswa KKM) adakan.
Selain memiliki aset alam yang indah, Cikidang juga menyimpan banyak kenangan. Di sanalah pertama kali saya mengajar dalam sebuah institusi sekolahan. Saya mengajar di kelas 4,5,dan 6 SD dengan mata pelajaran Agama dan PKN. Walaupun saya tahu, apa yang saya ajarkan tidak begitu banyak, tapi dengan bersentuhan dengan mereka, saya merasa terobati akan perasaan memiliki seorang adik yang sedari dulu menari-nari di pelupuk hati. Harap maklum karena saya bungsu.
Banyak hal yang saya dapatkan dengan bergaul bersama anak-anak kecil di sana. Saya jadi belajar tentang bagaimana caranya berkomunikasi dengan anak-anak kecil. Bagaimana caranya untuk menjadi seseorang yang disayangi. Bagaimana caranya meraih hati anak kecil agar ia mau mendengarkan nasehat. Pengalaman-pengalaman itu setidaknya menjadi bekal bagi saya, bila pada suatu saat nanti saya menjadi seorang ayah, atau saya mendapat tanggung jawab mengurusi anak kecil.
Hal menarik lainnya yang membuat Cikidang begitu mengesankan adalah suhu dingin di sana juara banget dah.. Apalagi selepas hujan atau masuk waktu Subuh.. Beuh,,
Cikidang-Lembang, terkhusus untuk rw Sadang dan Pengkolan adalah salah satu tempat yang tidak akan pernah saya lupakan. Karena di sana, saya benar-benar merasa ada. []
*Tulisan ini dibuat dalam kegiatan Speaking; Weekly Meeting LPB

Asrama Dua, 19 November 2013
~KK

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Just Kevin / Template by : Urang-kurai